PENINGKATAN KEWIRAUSAHAAN PADA ANGGOTA PKK RT 2 RW 9 DUSUN KLANDUNGAN DESA LANDUNGSARI KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG

  • Diana Eka Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Malang
  • Achmad Zaini Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Malang
  • Tri Wahyu Widodo Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Malang
  • Asminah Rachmi Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Malang

Abstract

Pelaksanakan kegiatan sehari-hari, para anggota PKK di RT 2 RW 9 Dusun Klandungan Desa Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang masih banyak yang belum melakukan kegiatan yang produktif yang menghasilkan uang. Para anggota PKK belum melakukan kegiatan kewirausahaan secara berkelompok. Kalaupun ada beberapa anggota secara individu memiliki usaha sendiri berupa toko. Untuk membantu memperoleh pendapatan tambahan untuk rumah tangga para anggota PKK perlu melakukan kegiatan kewirausahaan yang produktif dan mudah dilakukan dirumah.

Beberapa masalah yang timbul di PKK RT2 RW 9 Dusun Klandungan Desa Landungsari berkaitan dengan kewirausahaan antara lain: tidak adanya bekal jiwa kewirausahaan, tidak adanya kemampuan/keterampilan kewirausahaan, tidak adanya pembina lapangan yang membimbing berwirausaha, tidak adanya modal untuk berwirausaha.

Pelatihan diperlukan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di PKK RT2 RW 9 Dusun Klandungan Desa Landungsari dalam kewirausahaan. Pelatihan yang perlu dilaksanakan tentang kewirausahaan meliputi : peningkatan motivasi berwirausaha, pemberian keterampilan kewirausahaan, pendampingan dengan kerjasama dengan pembimbing lapangan yang kompeten, bantuan modal/peralatan berwirausaha.

Politeknik Negeri Malang sebagai bagian dari masyarakat, yang merupakan lembaga pendidikan tinggi, dengan salah satu tugasnya adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui jalur Pengabdian Masyarakat berkewajiban untuk memberikan bantuan pembimbingan kepada para anggota PKK di RT 2 RW 9 Dusun Klandungan Desa Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang

Published
2021-04-22