PENGADAAN MAINAN EDUKATIF SEBAGAI MEDIA TERAPI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TAMAN KANAK-KANAK PAUD AL FASHA

  • Hilda Cahyani Politeknik Negeri Malang
  • Sugeng Hariyanto Politeknik Negeri Malang
  • Sigit Budisantoso Politeknik Negeri Malang
  • Abdullah Helmy Politeknik Negeri Malang
  • Abdul Muqit Politeknik Negeri Malang
Keywords: Mainan edukatif, ABK, PAUD.

Abstract

Keberhasilan pelaksanaan suatu program pendidikan untuk anak Taman Kanak-kanak sangat tergantung pada pengelolaan sumber belajar. Pentingya penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang senantiasa mendapatkan perhatian dari pengelola taman kanakkanak. Salah satu media edukasi bagi anak-anak adalah mainan. Untuk anak-anak berkebutuhan khusus, mainan edukatif sangat dibutuhkan dikarenakan anak membutuhkan treatment yang lebih. Masalah yang terjadi di TK PAUD Al-Fasha adalah kurangnya mainan edukatif yang tersedia untuk mendukung pembelajaran mereka. Mainan yang ada selain sudah using dan rusak, banyak yang hilang. Oleh karena itu, tim PKM Polinema mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di sekolah ini untuk membantu anak-anak lebih semangat dalam belajar dan terbantu dalam proses belajar. Respon dari sekolah, baik guru, kepala sekolah, dan penilik sekolah sangat baik terhadap kegiatan PKM ini. Mainan ini akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kebutuhan pembelajaran ABK..

Author Biographies

Hilda Cahyani , Politeknik Negeri Malang

Akuntansi

Sugeng Hariyanto , Politeknik Negeri Malang

Politeknik Negeri Malang

Sigit Budisantoso, Politeknik Negeri Malang

Politeknik Negeri Malang

Abdullah Helmy, Politeknik Negeri Malang

Politeknik Negeri Malang

Abdul Muqit , Politeknik Negeri Malang

Politeknik Negeri Malang

Published
2020-06-27