BIMBINGAN DAN PELATIHAN TENTANG IMPLEMENTASI PRINSIP ETIS DALAM BERBISNIS UNTUK PEMBERDAYAAN PKK RW 03 KELURAHAN KETAWANG GEDE KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

  • Masreviastuti Politeknik Negeri Malang
  • Mahmudatul Himma Politeknik Negeri Malang
  • Fullchis Nurtjahjani Politeknik Negeri Malang
  • Lilies Nur Aini Politeknik Negeri Malang
  • Kadek Suarjuna Politeknik Negeri Malang
Keywords: etika, bisnis, sopan santun, kepercayaan

Abstract

Perkembangan bisnis saat ini telah memasukira globalisasi, dimana terjadi pergerakan komuditas ,modal,dan juga manusia yang seolah tanpa batas menembus ke segala penjuru dunia modal paling utama dlam bisnis adalah nama dan kepercayaan. Ukuran etika dan sopan santun dalam dunia bisnis sangatlah keras, kalaulah ada perusahaan yang melangar etika, mereka lebih banyak hukuman dari masyarakat, dibandingkan dari pemerintah karena pada dasarnya juga masyarakat bisnis itu punya jaringan tersendiri, yang sangat luas dan efektif, sehingga setiap pengusaha yang berbuat curang atau tidak etis, maka namanya akan segera tersiar, hal itu tentunya akan merusak nama baiknya sendiri. Etika bisnis itu tidak hanya terlihat dalam hubungan antara pengusaha saja, namun jaga terkait hubungan dengan pemerintah dan tentunya masyarakat. Walaupun sejauh ini ukuran etis atau tidak etisnya praktik perusahan dalam masyarakat masih susah diukur, namun paling tidak kita bisa kembalikan ke hati nurani pengusaha itu sendiri.

Author Biographies

Masreviastuti, Politeknik Negeri Malang

Politeknik Negeri Malang

Mahmudatul Himma, Politeknik Negeri Malang

Politeknik Negeri Malang

Fullchis Nurtjahjani, Politeknik Negeri Malang

Politeknik Negeri Malang

Lilies Nur Aini, Politeknik Negeri Malang

Politeknik Negeri Malang

Kadek Suarjuna, Politeknik Negeri Malang

Politeknik Negeri Malang

Published
2020-06-27