Sosialisasi dan Implementasi Penanganan Transaksi dan Akad Syariah Pada Majlis Ta’lim An Nisa Jln Bakung 04 Kelurahan Lowokwaru Kota Malang

  • Muhammad Muwidha Politeknik Negeri Malang
  • Himma Politeknik Negeri Malang
  • Basuki Politeknik Negeri Malang
  • Yusna

Abstract

Tujuan Kegiatan Pengabdian kepada Masayarakat (PkM) ini adalah dalam rangka memberikan penyuluhan, sosialisasi dan implementasi kepada masyarakat mengenai akad-akad transaksi usaha secara syariah kepada ibu-ibu anggota majlis ta’lim An-Nisa. Paada awalnya pelaksanaannya akan dilakukan di rumah Jln. Bakung 04 Lowokwaru Kota Malang. Karena masa pandemi akhirnya berdasarkan koodinasi tim PkM , Ketua Majlis Ta’lim An-Nisa dan Takmir Masjid Fadhilah, maka kegiatan dilaksanakan di masjid dengana mangambil jadwal setelah jamaah subuh pada hari Selasa tanggal 18 dan 25 Agustus 2020. Jam 5.00- 7.00. Peserta berjumlah 46 orang terdiri dari bapak dan ibu.

Pada saat pelaksanaan materi yang direncanakan telah disajikan dengan lancar. Materi ini dinilai penting karena untuk memulai berbisnis yang berlandaskan syariah maka jenis dan keabsyahan transaksi perlu dipahami dengan baik an benar. Bila transaksi sudah dipahami barulah memilih berbagai tawaran akad syariah dengan menyesuaikan kebutuhan dalam berbisnis.

Menurut perspektif Islam, hukum Islam diciptakan dan dilaksanakan secara menyeluruh tidak lain adalah bertujuan demi kemaslahatan dan kesejahteraan manisia di dunia dan akhirat. Untuk mencapai tujuan tersebut maka hukum Islam mempunyai beberapa prinsip yang mendasari terlaksananya tujuan tersebut, yaitu: 1) memberikan kemudahan dan meniadakan kesulitan, 2) menyedikitkan beban, dan 3) menempuh jalan pertahapan.

Temuan dan pengelaman dalam pelaksanaan PkM ini diharapkan menjadi fase lanjut untuk membangun kesadaran tentang menjadi umat islam yang kaffah. Tidak hanya tekun dalam ibadah kepada Allah (mahdhoh) tapi juga harus membangun muammalah yang lebih baik. Karena pada intinya islam justru ajaran banyak mengatur bagaimana mu’ammalah diamalkan dengan lebih masive. Islam adalah ajarah rahmat terciptanya kedamaian. Kedaaian bisa diciptakan jika masyarakat relatif telah sadar dan faham tentang taraf sejahtera dan ukuran sejahtera paling sederhana adalah kecukupan hidup dan ini pasti berbincang tentang jalan rizki serta ksejahteraan ekonomi.

Published
2021-04-22