PELATIHAN PENGENALAN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS DAN PRIORITAS PENGGUNA JALAN MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF

  • Eka Larasati Amalia Politeknik Negeri Malang
  • Vivin Ayu Lestari Politeknik Negeri Malang
  • Mustika Mentari Politeknik Negeri Malang
  • Farida Ulfa Politeknik Negeri Malang
  • Vivi Nur Wijayaningrum Politeknik Negeri Malang
  • Chintya Puspa Dewi Politeknik Negeri Malang
  • Dimas Shella Charlinawati Politeknik Negeri Malang
  • Ermi Pristiyaningrum Politeknik Negeri Malang
Keywords: anak-anak, media, pelatihan, permainan, teknologi

Abstract

Tingginya minat anak-anak terhadap teknologi menyebabkan pentingnya dilakukan pengarahan agar anak-anak dapat memanfaatkan teknologi untuk kegiatan pembelajaran secara positif. Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa harus dapat dididik secara benar untuk menjadi generasi yang berkualitas melalui berbagai kegiatan seperti stimulasi, pengasuhan, pendampingan, dan pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan pengetahuan anak-anak agar dapat berkembang secara optimal. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dianggap perlu dilakukan untuk memperkenalkan penggunaan teknologi yang bermanfaat kepada anak-anak di Taman Baca Galeri Kreatif. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk pelatihan melalui sebuah aplikasi permainan tentang rambu-rambu lalu lintas dan prioritas pengguna jalan. Berdasarkan hasil uji coba permainan rambu-rambu lalu lintas dan prioritas pengguna jalan untuk anak-anak di Taman Baca Galeri Kreatif, diketahui minat dan antusias mereka dalam proses pembelajaran sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan tingginya partisipasi para peserta didik untuk berpartisipasi dalam menjawab soal yang berkaitan dengan rambu-rambu lalu lintas secara tepat.

Published
2021-10-17